self motivation

Apakah pekerjaan Anda hari ini terselesaikan? Apakah target-target Anda hari ini tercapai? Apakah pencapaian tersebut sudah memuaskan? Hmmm...Jika salah satu jawaban dari pertanyaan tersebut Anda jawab tidak, berarti ada sesuatu yang tidak berjalan sesuai harapan Anda. Benarkah?

Ketika segala sesuatu yang terjadi pada hari ini tidak sesuai harapan, macam-macam reaksi yang ditunjukkan. Ada yang marah-marah, ada yang menyalah-nyalahkan, ada yang menggerutu, ada yang menyesali diri dan ada yang diam saja tanpa reaksi. Termasuk yang manakah Anda? Semoga Anda termasuk kategori yang terjadi hari ini sesuai harapan...Aamiin. 

Sayangnya hari ini saya tidak termasuk golongan yang sesuai harapan. Rencana hari ini yang telah kuangan-angankan sejak bangun tidur dan kurancang dalam timetable rencana kegiatanku meleset semua. Hari ini seharusnya sudah jadi tulisan bab 2..hari ini seharusnya sudah beres semua pekerjaan kantor..hari ini seharusnya sudah ini..sudah itu..bla bla bla.. Namun hari ini tidak ada satupun rencana yang selesai..May be right that : man proposes, God disposes.. 

Aggghh..bila dirasakan, sebal memang ketika apa yang sudah direncanakan tidak terwujud. Kalau orang manajemen, menganggap ada yang salah dengan salah satu dari unsur PDCA..Plan-Do-Check-Act..sehingga harus dilakukan evaluasi supaya hasil yang didapat sesuai planning yang dirancang..Kalau orang matematika, mungkin akan bilang kalau rumusnya salah..kalaupun ternyata rumusnya benar, hmm..ternyata salah memasukkan angka.. Kalau orang bijak, pasti bilang.."kita ambil hikmahnya" hehehe

Sayangnya hari ini saya tidak termasuk golongan orang manajemen...PDCA?apa itu PDCA? PDCA itu adalah manajemen modern..di sini yang berlaku adalah manajemen tradisional..yang sadar yang melakukan..huftt... Hari ini saya juga tidak termasuk golongan orang matematika..memang saya bukan lulusan matematika..tidak semua rumus matematika berlaku di sini...kalau matematika beneran satu ditambah satu sama dengan dua..tapi kalau di sini satu ditambah satu hasilnya nol besar..hehehe.. Hari ini saya juga tidak termasuk golongan orang bijak.. Kata pemerintah yang benar "Orang  bijak taat pajak!!". Ambil hikmah? Hikmah apanya? memang hikmah bisa bikin beres?? Ambil sate tuh..kenyang..kalau kesel, tusuknya bisa buat terapi..emang tusuk jarum..hehehe

Tetapi hari ini dan kapanpun saya adalah orang islam....Orang islam selalu taat pada Allah dan mengikuti Rasulullah.. Kira-kira apa ya petunjuk islam mengenai hal ini??
But perhaps you hate a thing and it's good for you; and perhaps you love a thing and it's bad for you. Allah knows, while you know not (2:216).
Allah may not be giving you something now, because He has something better in mind. Trust His timing.
May be saat ini memang Allah baru men"disposes" semua rencana-rencanaku..karena Dia tahu yang lebih baik daripada yang kurencanakan...
Alhamdulillah..diri ini selalu bersyukur atas segala apa yang telah Allah berikan.. Apa-apa yang diberikan Allah adalah yang terbaik..termasuk hari ini...Alhamdulillah 'ala kulli hal..

Kemudian bagaimana dengan jalan Rasulullah ketika melakukan suatu hal?
Manusia diciptakan hanya untuk beribadah kepada Allah..Beribadah berarti melakukan sesuatu yang dicintai dan diridhai Allah. Apapun yang kita lakukan terhitung amal ibadah apabila yang kita lakukan diridhai oleh Allah. Sholat, puasa, zakat, berbakti pada orang tua, berbuat baik pada orang lain, berkata baik, belajar, bekerja, semua gerak laku kita bisa jadi ibadah. Bahkan senyumpun juga termasuk ibadah. Mudah bukan?  Kata Rasulullah : Jika anak Adam meninggal, maka amalnya terputus kecuali tiga perkara : sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak soleh yang selalu mendoakan orang tuanya (HR.Muslim). Semoga apa yang kita lakukan adalah salah satu dari ketiga amal ibadah yang tidak terputus itu...Aamiin.

Iqra' bismirabbik ...With Him, you can...Bismillah..

No comments: