Curhat dong...

Beberapa hari ini entah mengapa banyak yang "curhat" padaku. Urusan kantor, urusan pertemanan, urusan dengan orang tua, bahkan urusan jodoh, yang akhir-akhir ini menggalaukan beberapa teman...heuheuheu. Curhat adalah cerita mengenai masalah pribadi yang dimiliki oleh seseorang. Karena "pribadi" itulah dahulu seringkali aku menolak kalau urusan pribadi dicurhatkan ke orang lain. Ketika sudah sampai di orang lain,  maka urusan pribadi menjadi publik, yang artinya privacy is no more private, malah jadi ada banyak orang yang tau urusan pribadi. Mengumbar aib dan kelemahan diri. Maka dahulu kalau ada yang mau curhat padaku, selalu kubilang :  "kalau curhat di kantor polisi". hehehe..polisi kan mengayomi dan melindungi , menyelesaikan masalah tanpa masalah..eh, itu pegadaian :-D..

Lain hulu lain belalang...lain dulu lain sekarang..kalau dulu aku "anti" curhat mencurhat, sekarang malah kebanjiran curhatan..ngalah-ngalahin mamah dedeh nih :-D.. Seperti orang lain, terkadang akupun ingin curhat. Memberitahukan pada yang lain bahwa aku juga punya "sesuatu" yang sekarang membuat aku seperti ini. Aku perlu kamu pahami. Dengan begini aku sadar bahwa orang curhat bukan sekedar mencurahkan masalah yang dihadapi. Lebih dari itu, curhat itu melegakan..Dengan curhat, ada rasa plong ketika diri tak lagi sanggup menampung beribu timbunan kata sendiri. Pun curhat seringkali sebenarnya tidak butuh solusi, namun butuh tempat berbagi..cukup ingin didengar dan dipahami. that's all.

Menjadi tempat curhat berarti menjadi orang yang dipercaya oleh seseorang. Kepercayaan adalah amanah yang harus selalu dijaga. Banyak orang yang curhat berarti banyak orang yang percaya, bukan begitu? :-D. Ah, ga juga...mungkin iya, mungkin tidak.. we'll never know inside the heart


Kemanakah aku hendak mencurahkan isi hati??ciee..puitisnya..Sembarangan memilih teman curhat, bisa menjadi bumerang yang membahayakan. Curhat seringkali menjadi ajang menceritakan kelemahan dan aib diri, ini yang harus hati-hati. Paling tidak, hati-hatilah memilih yang bisa dipercaya. Curhat pada makhluk membuat makhluk tahu kelemahan kita. Curhat pada Illahi membuat kita tahu bahwa kita telah cukup kuat menghadapi masalah. Rabb..make us strong!! Rabbi Yassir Wa Laa Tu'assir.. Ketika suatu urusan diserahkan kepada pemilik urusan, maka bereslah segalanya. Kesabaranlah yang menjadi kuncinya..

Urusan curhat mencurhat memang complicated, manun ini adalah realita. Ini adalah kenyataan yang memang benar adanya. Harus diakui, bahwa manusia butuh tempat berbagi. Dengan demikian, aku memutuskan sukarela menjadi curhat bin, tempat cerita masalah-masalah orang. Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya. Paling tidak dengan menyediakan kedua kupingku untuk menjadi penampung curahan hati, aku sudah berkontribusi untuk hidup seseorang. Kalau tidak bisa bermanfaat, minimal janganlah sampai merugikan. Menjaga rahasia si empunya curhat wajib hukumnya. Kelau memang minta dirahasiakan, rahasikan. Karena memang itu harus dirahasiakan. Janganlah sampai penduduk bumi dan semua penghuni kolong langit tahu. 
 
"Fajar..curhat dong..."."Ehhh..curhat di kantor polisi!!!..."hehehe

No comments: